Pengenalan Komputer

Pengenalan Komputer
Sistem Komputer:
  • Perangkat Keras (Hardware)
  • Perangkat Lunak (Software)
  • Pengguna (Brainware)
Paradigma Rekayasa Perangkat Lunak:
  • Daur Hidup Klasik (The classic life cycle)
  • Prototipe (Prototype)
  • Model Spiral (The Spiral Model)
Algoritma dan Struktur Data

Paradigma RPL
Metode dalam menghasilkan suatu perangkat lunak atau dikenal dengan nama RPL
  • Daur Hidup Klasik (The Classic  Life Cycle / Waterfall)
  •  Prototipe (Prototyping)
  •  Model Spiral (The Spiral Model)

Daur Hidup Klasik
  1. Pengumpulan Kebutuhan
  2. Analisa Kebutuhan
  3. Desain
  4. Pemrograman
  5. Pengujian
  6. Pemeliharaan


Prototipe
  1. Pengumpulan Kebutuhan
  2. Desain Cepat
  3. Bangun prototipe
  4. Evaluasi prototipe
  5. Perbaikan prototipe, jika prototipe belum selesai ulangi langkah b
  6. Produk Perangkat Lunak

Model Spiral
  1. Perencanaan oleh pengembang
  2. Analisa Resiko oleh pengembang dan pemesan
  3. Rekayasa Perangkat Lunak
  4. Evaluasi oleh pemesan, bila Rekayasa belum selesai ulangi langkah a.


Apa itu Struktur Data?

Algoritma
deskripsi langkah-langkah penyelesaian masalah yang tersusun secara logis
  1. Ditulis dengan notasi khusus
  2.  Notasi mudah dimengerti
  3.  Notasi dapat diterjemahkan menjadi   sintaks suatu bahasa pemrograman

Contoh Algoritma
         Mencari nilai maksimum
         Mengurutkan data
         Mencetak bilangan ganjil dari 1 – 19
         Menyimpan data mahasiswa baru
         Mencetak data absensi
         Mengirim email berdasarkan jadual
          …….

Contoh Algoritma Absensi
Is :Data Absensi terdiri dari 1 program studi
  1. Buka Data Absensi
  2. Tentukan Mata Kuliah
  3. Tentukan Kelas
  4. Tentukan Format Absensi (4 / 14 kolom)
  5. Tentukan banyak pencetakan
  6. Ambil data mhs ke-1, lalu cetak
  7. Ulangi langkah ke-6  sampai data habis

Struktur Data
model logika/matematik yang secara khusus mengorganisasi data

Perbedaan Tipe Data, Obyek Data, Struktur Data
u  Tipe data adalah jenis data yang mampu ditangani oleh suatu bahasa pemrograman pada komputer.
u  Tiap-tiap bahasa pemrograman memiliki tipe data yang memungkinkan:
u  Deklarasi terhadap variabel tipe data tersebut
u  Menyediakan kumpulan operasi yang mungkin terhadap variabel bertipe data tersebut
u  Jenis obyek data yang mungkin
u  Obyek Data adalah kumpulan elemen yang mungkin untuk suatu tipe data tertentu.  
u  Mis: integer mengacu pada obyek data -32768 s/d 32767, byte 0 s/d 255, string adalah kumpulan karakter maks 255 huruf
u  Struktur Data adalah cara penyimpanan dan pengorganisasian data-data pada memori komputer maupun file secara efektif sehingga dapat digunakan secara efisien, termasuk operasi-operasi di dalamnya.

Aktivitas Struktur Data
u  Di dalam struktur data kita berhubungan dengan 2 aktivitas:
u  Mendeskripsikan kumpulan obyek data yang sah sesuai dengan tipe data yang ada
u  Menunjukkan mekanisme kerja operasi-operasinya
u  Contoh: integer (-32768 s/d 32767) dan jenis operasi yang diperbolehkan adalah +, -, *, /, mod, ceil, floor, <, >, != dsb.
u  Struktur data = obyek data  + [operasi manipulasi data]

Hubungan SD dan Algoritma
u  Dengan pemilihan struktur data yang baik, maka problem yang kompleks dapat diselesaikan sehingga algoritma dapat digunakan secara efisien, operasi-operasi penting dapat dieksekusi dengan sumber daya yang lebih kecil, memori lebih kecil, dan waktu eksekusi yang lebih cepat.
u  Tidak semua struktur data baik dan sesuai.  Contoh untuk problem data bank: pengupdate-an harus cepat, sedangkan penambahan/penghapusan data boleh lebih lambat.

Struktur Data
         Struktur Data Statis – array/larik , rekord, himpunan.
         Struktur Data Dinamis - list/senarai, queue /antrian /giliran, tumpukan /stack /timbunan, pohon, graf.




Contoh Struktur Data



List Berkait / Senarai





Struktur Data
Text Box: Tempat Penyimpanan Data
Text Box: Operasi terhadap data









         Traversal (Traversing) : mengunjungi setiap elemen SD
         Pencarian (Searching) : menemukan elemen/lokasi pada SD
         Penyisipan (Inserting) : menambah elemen baru pada SD
         Penghapusan (Deleting) : menghapus elemen dari SD

Mengapa Perlu SD
u  Mengenal bentuk organisasi penyimpanan data dan pengoperasiannya.
u  Menentukan kualitas informasi : akurat, tepat pada waktunya dan relevan. Informasi dapat dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan biaya mendapatkannya.
u  Mengurangi duplikasi data (data redudancy)
u  Hubungan data dapat ditingkatkan (data relatability)
u  Mengurangi pemborosan tempat simpanan luar




Penarepan SD pada OS
Queue concept and handling



Komentar

Postingan populer dari blog ini

KONSEP TIPE DATA, OPERATOR DAN IDENTIFIER

Stack and Queue